Progres PAMSIMAS Desa Pacung telah mencapai 65%

I Komang Sudi Kariana 08 Juli 2021 12:48:54 WITA

Permaslahan kekurangan air bersih dimasyarakat masih sangat banyak di temukan. Terutama di lingkup Desa yang memiliki Topografi dataran tinggi, seperti halnya di Desa Pacung. Meski di desa Pacung sudah terjamah Oleh Layanan PDAM ( khusus masyarakat yang berada di dataran landai / dekat jalan raya utama ), bahkan untuk warga Desa yang tinggal di dataran tinggi telah di cover kebutuhan airnya oleh UPAM Segara Gunung dimana sumber airnya dari Desa Selulung yang di kelola oleh BUMDes KENCANA BUMI SEJAHTERA Desa Pacung, Tetapi tetap saja masyarakat mengalami kekurangan air bersih, terutama Saat Musim Kemarau datang.

Mulai dari perbaikan pipa akibat bencana alam, Debit Air mengecil Karena kemaru terlalu lama melanda, sampai Pelanggan yang melebihi kapasitas masing – masing reservoar, menjadi penyebab seringnya masyarakat mengeluhkan kekurangan air. Untuk di Desa Pacung sendiri, masyarakat Dusun Alassari lah yang paling sering mengalami kekurangan air, tepatnya masyarakat yang tinggal di Banjar Adat Pule Dan Banjar Adat Bubung. Berdasarkan Info dari salah satu Staf BUMDesa Pacung, Luh Nina Restiari, untuk saat ini ada 590 Orang pelanggan UPAM Segara Gunung di Desa Pacung, Khusus Untuk di banjar adat Bubung Ada 62 pelanggan, Banjar adat Pule 33 Pelanggan.

Oleh karena Itu Permerintah Desa Pacung terus berupaya menanggulangi maslah tersebut. Puji Syukur kita panjatkan, karena di tahun 2021 ini Desa Pacung berhasil menerima Program Nasional Penyediaan Air Minum ( PAMSIMAS ). Menurut Keterangan Bapak Nyoman Sutaya, selaku Ketua KKM di struktur kepanitiaan Program PAMSIMAS Desa Pacung, Progres Program PAMSIMAS Desa Pacung saat ini telah menyentuh angka 65%. “ astungkara, berkat kerjasama antar Pemerintah Desa dengan Panitia yang solid sehingga sampai saat ini Program PAMSIMAS Desa Pacung dapat berjalan tanpa kendala. Selain itu, tingginya semangat warga masyarakat setempat yang kebetulan beberapa dari mereka menjadi pekerja untuk program ini menjadi faktor pendorong lancarnya Program PAMSIMAS Desa Pacung. Dari pengamatan saya sendiri, Program ini sudah mencapai 65%, mengingat alat pompa telah di pasang di sumber air yang berlokasi di Pule dan jalur pipa telah di gali, bahkan di beberapa titik pipa penyalur air telah selesai di tanam” terang Pak nyoman ketika Admin Temui di sela – sela Pekerjaannya.

Sebelumnya, Perbekel Desa Pacung, Bapak Gede Kardiana, bersama Kepala Dusun Alassari, Bapak Ketut Roi Kardiasa, dan Ketua Saklak, Bapak Gede Landuh, telah meninjau secara langsung ke lokasi Program PAMSIMAS ini berjalan, tepatnya di Banjar adat Pule ke Selatan ( 30/06 ). Dari Pengamatan Pak mekel, melihat Progres yang telah berjalan, beliau optimis bahwa Program PAMSIMAS ini akan rampung pada akhir bulan Juli 2021 ini.

Komentar atas Progres PAMSIMAS Desa Pacung telah mencapai 65%

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar