Melalui PKK, Dinas Ketahanan Pangan Wujudkan Pekarangan Multifungsi

I Komang Sudi Kariana 27 Juni 2019 14:27:34 WITA

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Pemerintahan Desa Pacung untuk mengumpulkan PKK sebanyak 30 orang agar dapat diberikan Pembinaan Bibit Desa yang bertempat di ruang pertemuan Kantor Desa, (27/06). Didampingi oleh I Gede Nariana selaku kasi pelayanan sekaligus pendamping Kebun Bibit Desa (KBD), Gede Suyana petugas Dari dinas ketahanan pangan menjelaskan bahwa sasaran pembibitan sekarang bukanlah kebun namun melainkan halaman rumah atau pekarangan. Dikarenakan selain untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga, diharapkan  tumbuhan seperti cabai, tomat, terong dan tumbuhan lainnya  juga dapat memperindah pemandangan di pekarangan, Sehingga pembibitan tersebut dapat memiliki Multifungsi bagi penanamnya.

Selain Pak Gede Suyasa, petugas Dinas Ketahanan Pangan lainnya yaitu Bapak Ketut Surena menjelaskan secara detail cara pembibitan yang baik dan benar kepada Anggota PKK yang berkesempatan hadir pada waktu itu. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan Benih

Diusahakan benih yang ada dalam kesan di pergunakan semuanya pada saat kemasan di buka. Setelah itu rendam semua benih dengan air yang bersuhu hangat atau suam-suam kuku. Gunakan benih yang berada di dasar air saja, bila ada yang mengambang jangan di gunakan.

  • Menyiapkan Media Tanam

Siapkan kere (tempat tanah), pupuk organik, tanah, dan air. Campurkan tanah dan pupuk dengan perbandingan 1:1 lalu aduk hingga merata, tambahkan air secukupnya sampai tanah bisa dikepal.

  • Proses Pembibitan

Setelah Media Tanam siap, masukan tanah ke lubang-lubang kere pastikan struktur kepadatan tanah medium, lalu barulah tanamkan benih yang telah di rendam dengan air hangat tadi ke dalam tanah tersebut. Sebagai catatan ; taruh kere yang telah berisi benih di tempat yang sejuk, dan ketika melakukan penyiraman usahakan di rendam dan tidak di semprot dari atas karena akan merusak media tanam.

Di luar dari agenda utama, pak gede Suyana Juga menerangkan poin-poin yang menjadi acuan dalam penilaian lomba KBD nanti di antaranya adalah :

  • Banyaknya jumlah bibit
  • Banyaknya jenis bibit
  • Banyaknya titik Penyaluran atau Penyebaran Bibit
  • Kelengkapan Buku administrasi PKK

 

Petugas Dinas ketahanan pangan menghimbau agar Anggota PKK tidak terlalu fokus memikirkan Lomba atau kriteria perlombaan KBD yang perkiran terselenggara pada Oktober nanti, tetapi para PKK dihimbau harus mulai berani melakukan pembibitan untuk hal-hal yang kecil. Contoh, pembibitan cabai atau tomat yang di lakukan agar nantinya dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Sehingga tidak lagi mengeluarkan dana lebih ketika harga pangan tersebut melambung tinggi, yang secara langsung dapat meringankan beban perekonomian di masing-masing keluarga. Dalam kesempatan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan juga memberikan bantuan berupa 1 buah ganjret (alat Penyiraman), 8 Buah Kere, 15 Bungkus Benih Cabai, Tomat dan Terong kepada PKK Desa Pacung. Hal ini sebagai bentuk partisipasi dinas Ketahanan Pangan untuk turut serta merangsang pergerakan PKK Khususnya dalam berkebun.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar