Bali Resik Sampah Plastik Bersama Pemkab Buleleng

I Komang Sudi Kariana 09 Agustus 2019 12:41:27 WITA

Untuk terus menekan atau meminimalkan penggunaan plastik, maka Pemerintah kabupaten Buleleng melakukan pembersihan masal di Pura Ponjok Batu Desa Pacung dengan menghadirkan seluruh instansi Pemerintahan Kabupaten Buleleng serta masyarakat setempat Desa Pacung, (09/08). Kegiatan tersebut bertajuk Gerakan Semesta Berencana BALI RESIK SAMPAH PLASTIK. Adapun kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk menjaga kesucian Alam Bali Beserta Isinya agar Terwujud Kehidupan Krama Bali Yang Sejahtera Dan Bahagia Sekala Niskala.

Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda kegiatan rutin bagi pemerintah kabupaten Buleleng. Mengapa sasarannya adalah pura? Di konfirmasi secara langsung oleh pimpinan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng mengatakan bahwa hal itu sebagai simbolis menjaga keharmonisan antara manusia dengan Alam begitu juga dengan Tuhan. Sebagai mana yang tersirat dalam ajaran Tri Hita Karana di agama Hindu, maka Di puralah kita bisa menyeimbangkan atau menyelaraskan ke tiga elemen tersebut (Palemahan, Pawongan, Parahayangan).

Kegiatan Bali Resik Sampah Plastik ini di awali dengan Apel singkat, setelah itu kegiatan tersebut di laksanakan pada 5 zona berbeda, Zona 1 di Jaba Tengah dan Jeroan Pura Ponjok Batu, Zona 2 Parkir sebelah Barat Pura, Zona 3 di areal Segara Pura, Zona 4 areal Parkir Sebelah timur Pura dan terakhir di parkir sebelah Selatan Pura Ponjok Batu. Setelah semua sampah Plastik Terkumpul dengan kurun waktu kurang lebih 1 jam, maka sampah langsung di timbang dan akan di bawa ke TPA Bengkala untuk menjalani Proses pengolahan sampah Plastik lebih lanjut. Adapun berat keseluruhan sampah plastik yang dapat terkumpul pada waktu itu adalah 123Kg.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar