Lima Tahun Berkarya, STT Hadirkan Artis Bali dan Subangkan 1 Bedah Rumah

I Komang Sudi Kariana 21 Agustus 2019 09:49:28 WITA

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Yang Ke-74 tahun ini menjadi momen yang sangat spesial bagi sekaa truna truni (STT) Induk Dharma Putra Desa Pakraman Bangkah, Desa Pacung, Kecamatan Tejakula.

Selama Lima Tahun sudah mereka berkarya dalam setiap memperingati Hari Kemerdekaan lewat kegiatan Festival Rakyat “I LOVE NKRI” dengan tema “Lentera Desa untuk Negeri”. Acara yang di gagas pertama kali oleh STT Kembang Wijaya Khusuma Banjar Adat Pule pada tahun 2015, kini sejak 3 tahun berturut – turut menjadi ajang puncak perayaan oleh 11 STT Banjar adat yang bergabung dalam satu naungan STT Induk Dharma Putra.

Acara yang ke-5 ini menyuguhkan berbagai lomba rakyat, Pasar Rakyat, Kegiatan Sosial, Seni dan Budaya, Serta hiburan kepada masyarakat. Beberapa lomba yang diadakan seperti lomba ngelawar, nyate, gebogan, penjor, nyuun/junjung keben, Nyurat/menulis Aksara Bali, Lawak, parade busana ke pura, lomba tangkap Babi, Kreasi daur ulang sampah plastik, dan Parade sepeda hias. Selama dua hari pelaksanaannya, 16-17 agustus 2019, kegiatan ini juga ini juga di meriahkan oleh artis Bali seperti Nanoe Biroe, Yan Srikandi, Pan Balang Tamak, Pasgel Akustik, Bondres Dwi Mekar dan lainnya.

Ada pula pementasan Tari Rejang Renteng oleh 100 ibu PKK. Yang paling menarik adalah pembersihan sampah dan pengibaran bendera di dasar laut (Cleans Under Water) oleh tim penyelam POKMASWAS Desa Pacung, Pembersihan pesisir pantai oleh siswa SD dan Masyarakat.

“Lima tahun berkarya merupakan bukti konsistensi kami dalam upaya memberikan kegiatan positif kepada masyarakat, kami memberikan respons sosial kepada masyarakat dengan memberikan satu sumbangan Bedah Rumah yang akan di kerjakan secara swadaya dan gotong royong kepada salah satu warga kami yang ada di Banjar Adat Bubung, Desa Pakraman Bangkah,” kata Ketua Pembina STT Induk Dharma Putra, I Ketut Ngurah Aryawan atau sering disapa Rah Tiger

Ia menambahkan, Festival Rakyat I LOVE NKRI juga selalu memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh masyarakat yang memberikan kontribusi konkrit terhadap desa lewat program Lentera Desa Award. Pihaknya juga memberikan bantuan sembako kepada Lansia kurang mampu dan bantuan alat sekolah kepada siswa yang kuang mampu.

Sementara itu, I Komang Kiwi Jaya selaku Ketua STT Induk Dharma Putra juga menyampaikan, kegiatan ini murni didasari oleh niat pengabdian tulus ikhlas sebagai generasi penerus bangsa kepada desa. “Seratus Persen kegiatan ini bersumber dari dana Partisipan, lewat penggalian dana dari tim kami astungkara kami berjuang bersama-sama dan selalu optimis. Kami selalu berkomitmen dalam acara ini tidak ada alkohol, judi apalagi narkoba. Kami juga berkomitmen untuk mengurangi penggunaan sampah Plastik sehingga semua dekorasi yang kami suguhkan sema berbahan Ramah Lingkungan” jelasnya.

Komentar atas Lima Tahun Berkarya, STT Hadirkan Artis Bali dan Subangkan 1 Bedah Rumah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar