Bersama Anak SD Mewujudkan Desa Yang Bersih dari Sampah Plastik

I Komang Sudi Kariana 23 September 2019 10:03:35 WITA

Berdasarkan surat edaran dari Camat Tejakula (18/09) yang bersumber dari surat Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng tentang Gerakan Semesta Bali Resik Sampah Plastik, maka pemerintah Desa Pacung Melaksanakan kegiatan tersebut pada hari Sabtu, 21 September 2019. Kegiatan bersih-bersih tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh desa Se-Kecamatan Tejakula.

Dalam kegiatan tersebut, di ikuti juga oleh anggota LPM, anggota BPD, Kelihan Adat Desa Pacung Lan Bangkah, Karang Taruna Desa Pacung, beserta anak-anak SD Negeri 2 Pacung dengan Gurunya. Dalam kegiatan kali ini Pemdes Pacung menyasar Pasar Tradisional yang terletak di Desa Adat Bangkah, mengingat keberadaan plastik di dalam perdagangan masih belum bisa di pisahkan.

Sekdes Desa Pacung, Komang Wiarta berharap dengan adanya kegiatan Bali Resik Sampah Plastik di Pasar Tersebut, masyarakat yang datang berbelanja serta Para Pedagang menjadi lebih sadar untuk meminimalkan penggunaan plastik sekali pakai. Sehingga secara perlahan volume Sampah plastik dapat terus berkurang.

Sejak tercetusnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai banyak sekali Komunitas peduli lingkungan hingga instansi Pemerintahan, dan beberapa perusahaan Swasta di Bali makin terpacu memerangi sampah plastik yang dapat mencemari kawasan hutan, sungai, aliran subak, pesisir pantai, hingga lingkungan hidup terdekat seperti pasar tradisional itu sendiri.

Selain dalam lingkup Pasar, Pemdes Pacung beserta seluruh anggota yang ikut dalam kegiatan tersebut juga membersihkan Got di sekitar pasar serta di sekitar Pura Dalem Desa Adat Bangkah. Hl tersebut untuk menanggulangi Got agar tidak mampet ketika musim hujan datang.

Komentar atas Bersama Anak SD Mewujudkan Desa Yang Bersih dari Sampah Plastik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar