Sosialisasi DAMKAR Buleleng di Desa Pacung

I Komang Sudi Kariana 24 September 2019 11:48:27 WITA

Mengingat akhir-akhir ini kasus kebakaran semakin meningkat di masyarakat, baik kebakaran hutan maupun kebakaran di pemukiman penduduk maka Pemadam Kebakaran Daerah Kabupaten Buleleng  mengadakan sosialisasi mengenai penanggulangan Kebakaran Di desa pacung. Bertempat di Ruang Pertemuan Desa Pacung Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) yang beranggotakan 6 orang memberikan sosialisasi kepada seluruh staf Pemerintahan Desa Pacung, Anggota BPD, LPM, serta masyarakat yang berkesempatan hadir pada waktu itu, (23/09).

Bapak Pasek selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Sarana Prasarana di Dinas DAMKAR Kabupaten Buleleng menerangkan, “faktor penyebab terjadinya kebakaran bukanlah serta merta oleh alam, namun kelalaian oleh masyarakat juga menjadi faktor utama penyebab kebakaran itu sendiri. Contohnya ibu memasak dengan kompor lalu di tinggal keluar, membiarkan charger tetap tercolok, dan yang paling parah adalah membakar sampah di areal pemukiman padat bangunan”

Berdasarkan keterangan tersebut, Made Sujana selaku Kepala Seksi (KASI) Penyuluhan di instansi yang sama juga menghimbau, “Tolong masyarakat lebih teliti dan berhati-hati dalam melakukan pekerjaan rumah tangga yang berhubungan dengan Api, agar hal yang buruk seperti kebakaran tidak terjadi di lingkungan kita. selain itu saya berharap, teman-teman di Pemdes Pacung juga memperhatikan semua elektronik yang terhubung dengan listrik dengan mematikan seluruh peralatan kerja elektronik sebelum meninggalkan kantor. Dan yang paling penting saya ingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi membakar sampah di dekat pemukiman, karena dapat menyebabkan kebakaran” tegas beliau.

Dalam sosialisasi tersebut Petugas juga memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh masyarakat ketika terjadi kebakaran, call centre 036221113 atau bisa menghubungi KABID Pemberdayaan Dinas DAMKAR 081239433326. Selain mendengarkan himbauan, Komang Wiarta Selaku Plh. Perbekel Pacung serta seluruh peserta sosialisasi lainnya juga menyaksikan presentasi mengenai beberapa alat yang dipergunakan oleh DAMKAR dalam menjalankan tugas. Dalam kesempatan tersebut DAMKAR juga mempresentasikan Alat – alat yang dapat di pergunakan oleh masyarakat jika mengalami kebakaran kecil salah satunya adalah Karung Goni.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, Pemdes Pacung berharap masyarakat menjadi lebih tanggap dengan Perihal yang dapat menyebabkan kebakaran di lingkungannya sendiri. Serta ketika terjadi kebakaran masyarakat dapat melakukan penanggulangan yang benar  terlebih dahulu sebelum DAMKAR tiba di lokasi untuk membantu memadamkan api.

Komentar atas Sosialisasi DAMKAR Buleleng di Desa Pacung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar