Melalui Sosialisi Kita Bangun PERPUS Indra Taksu Desa Pacung

I Komang Sudi Kariana 27 September 2019 13:30:20 WITA

Salam LITERASI oleh PEMDES Pacung bersama petugas sosialisasi dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Buleleng.

 

Sesai dengan surat yang dilayangkan dari dinas perpustakaan ke PEMDES Pacung sebelumnya, maka pada hari kamis, (26/09) kemarin dinas tersebut datang untuk melaksanakan sosialisasi mengenai Pengelolaan dan Pelestarian Sarana Prasarana Perpustakaan.

Dengan di ikuti oleh Kasi Kesejahteraan Nengah Kardiasa, bersama 4 Staf Desa lainnya, Drs. I Made Astwa M.Si selaku KABID Pengolahan Dan Pelestarian Sarana Prasarana (SARPRAS) Perpustakaan Buleleng menerangkan bahwa “saat ini pemerintah pusat sedang gencar – gencarnya membangun Perpustakaan di seluruh Indonesia dengan tujuan meningkatkan budaya baca di Indonesia. Oleh karena itu kami dari Dinas Perpustakaan kabupaten terus di genjot oleh Dinas Perpustakaan Pusat untuk terjun secara intensif guna memberikan pemahaman untuk Pengelolaan serta mempromosikan perpustakaan yang ada di Desa-desa seluruh kabupaten Buleleng tidak terkeculai Perpustakaan INDRA TAKSU yang berada di Desa Pacung ini, sehingga masyarakat tahu dan dapat memanfaatkan dengan baik dan benar adanya perpustakaan itu sendiri” terang pria yang telah berusia paruh baya tersebut.

Untuk mekanisme  pengelolaan sarana dan prasarana perpustakaan, di jelaskan oleh Made Mandiastini A.Ma selaku Kasi Pengelolaan. Beliau menerangkan bahwa setiap sarana prasarana yang ada agar tidak hanya di jaga namun dapat terus di lestarikan atau dengan kata lain jika sarana tersebut mengalami kerusakan agar dapat di perbaiki lagi. Selain itu beliau juga menegaskan agar buku – buku yang telah ada dapat ditata dengan rapi sesuai dengan literatur serta judul buku dan diusahakan di kemas dalam rak dengan seunik dan sebagus mungkin, karena jaman sekarang minat baca bukan hanya tumbuh dari isi buku saja namun dapat tumbuh memalui keindahan dalam menata dan menyuguhkan buku di dalam rak yang ada. Dengan harapan nantinya minat Baca dari masyarakat khususnya Desa Pacung dapat meningkat yang secara tidak langsung akan meningkatkan pengetahuan tersendiri bagi masyarakat tersebut.

Dalam kesempatan tersebut juga berlangsung sesi tanya jawab, tanpa menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Komang sudi Kariana Selaku Oprator Desa Pacung langsung menanyakan tentang realisasi Jaringan internet yang telah diajukan setahun sebelumnya oleh Kadek Diantara sebagai salah satu pengelola perpus dalam ajang pertemuan Perpustakaan Nasional, mengingat sampai saat ini jaringan internet tersebut belum dapat terealisasi. Menyikapi pertanyaan tersebut bapak KABID menyatakan bahwa Pihaknya akan terus melakukan konsultasi ke Dinas Perpustakaan Pusat serta melakukan pendekatan ke  Dinas KOMINFO kabupaten agar dapat mengetahui apa saja kendala baik secara teknis maupun Non-teknis yang menjadi penyebab belum terealisasinya Usulan tersebut. Beliau juga berharap, dengan usaha yang akan di tempuh beliau berharap jaringan internet tersebut dapat terealisasi secepatnya.  

Komentar atas Melalui Sosialisi Kita Bangun PERPUS Indra Taksu Desa Pacung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar