Bersama DLH, Menyadarkan Masyarakat Pentingnya Memilah Sampah Dari Rumah

I Komang Sudi Kariana 11 Juni 2021 09:00:42 WITA

Om Suastiastu,
Pagi hari ini, Kamis, tanggal 10 Juni 2021, Perbekel Desa Pacung, Bapak Gede Kardiana, menerima Kunjungan dari DLH ( Dinas Lingkungan Hidup ) Kabupaten Buleleng Di tempat pengolahan sampah NAOS Desa Adat Bangkah. Dalam acara Sosialisasi yang sebetulnya di fasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan Tejakula ini mengusung Materi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, sebagaimana hal itu tertuang dalam PERGUB No. 47 Tahun 2019.
 
Dalam kegitan tersebut hadir Bapak Kadek Sukrawan selaku Penyuluh Lingkungan Hidup ( DLH )bersama Bapak Ketut Witama yang sekaligus sebagi narasumber. Selain dari DLH, hadir juga Bapak Bagus Suwije selaku Direktur Bank Sampah Induk ( BSI ) Kabupaten Buleleng yang turut memberikan pembekalan kepada ibu - ibu PKK Desa Pacung yang kebetulan di undang pada hari itu sebagai peserta sosialisi.
 
Nah mengapa PKK yang di undang?
Dikarenakan ibu - ibu memegang peran sangat penting dalam hal kebersihan di rumah tangga. Selain itu Tujuanya ibu - ibu PKK nantinya dapat menyebar luaskan informasi yang di dapat melalui mulut ke mulut atau bahkan lewat sosmed, sehingga penanggulangan masalah persampahan dapat di mulai dan di atasi dari rumah tangga terlebih dahulu.
 
Dari sosialisai yang di sampaikan dapat di admin kutip beberpa penyampaian penting sebagai berikut;
1. Warga di harapkan dapat memilah sampah berdasarkan jenis dan sumber sampah dari rumah.
2. Sampah Plastik harapannya dapat di kumpulkan dan ditabung di Bank Sampah Desa.
3. Pihak DLH merasa bangga dengan adanya tempat pengelolaan sampah yang di naungi oleh yayasan NAOS, sehingga masalah sampah di Desa ada yang meng handle, meskipun belum dapat mengatasi secara 100%.
4. Pak Ketut Witama, dalam kesempatannnya besosialisasi menyampaikan, selain pentingnya memilah sampah, beliau juga berharap ibu - ibu dapat mengolah sisa buah dan sayur dari dapur menjadi Eco-Enzyme.
 
Nah apa itu Eco-Enzyme?
Akan admin ulas secara mengkusus pada artikel selanjutnya. Dalam acara sosialisasi tersebut Hadir juga Staf bidang PSLB3 yaitu Bapak Komang suradiasa.
 
Om santhi santhi santhi Om

Komentar atas Bersama DLH, Menyadarkan Masyarakat Pentingnya Memilah Sampah Dari Rumah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar