Modal Cinta Dan Saling Suka Tidak Cukup Untuk Melangsungkan Pernikahan

I Komang Sudi Kariana 19 Oktober 2021 13:45:35 WITA

Bertempat di Balai Banjar Dinas Alassari, Desa Pacung, Bapak Kasi Kesejahteraan, Nengah Kardiana, mendampingi staf dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DPPKBPP-PA ) Kabupaten Buleleng untuk melaksanakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Calon Pengantin (19/10).

Kegiatan ini adalah sebagai bentuk perhatian dari Dinas terkait kepada generasi muda saat ini. Mengingat belakangan ini banyak sekali di temukan kasus pernikahan muda bahkan tidak jarang pernikahan tersebut masih berstatus di bawah umur. Tentunya jika kondisi fisik, mental dan bahkan ekonomi dari pasangan pengantin muda tersebut belum siap, maka sering sekali hal tersebut memicu pertengkaran di dalam rumah tangga, bahkan berujung perceraian.

Oleh karena itu, Bapak I Gusti Made Suardana, SH, Selaku DPP KB. PP – PA. Kab. Buleleng menjelaskan, bahwa persiapan untuk menikah itu tidak hanya bermodalkan cinta atau rasa suka saja, melainkan menurut beliau, ada 4 poin penting yang harus di siapkan oleh remaja yang akan menikah. 4 poin penting yang dimaksud adalah :

  1. Mental dan Fisik yang telah matang dan siap untuk berumah tangga.
  2. Ekonomi yang mapan atau memiliki penghasilan yang cukup untuk menanggung hidup anak dan istri / anggota keluarga.
  3. Kesehatan, di harapkan bagi remaja untuk se rutin mungkin mengontrol kesehatannya ke PUSKESMAS terdekat atau ke dokter, guna menciptakan “Bibit Unggul” setelah menikah nanti.
  4. Hukum, remaja juga wajib tahu akan Hukum atau norma – norma berumah tangga yang baik, sehingga dapat mewujudkan keharmonisan dalam keluarga serta meminimalkan kemungkinan terjadinya tindak kekerasan di dalam rumah tangga itu sendiri.

Selain, Pak Gusti, hadir juga ibu, Wiwin D.H, dalam sosialisasi tersebut. Beliaulah yang menjelaskan secara panjang lebar mengenai berbagai pengetahuan dasar tentang Kesehatan yang harus Para Remaja ketahui sebelum beranjak ke kursi pelaminan.

Tercatat ada 20 perwakilan remaja Se-Desa Pacung yang hadir dalam acara Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Calon Pengantin Kali ini, Tidak hanya Para Remaja yang hadir, namun hadir juga Bapak Kepala Dusun Se-Desa Pacung dan PLKB Desa Pacung, Ibu Made Sulastri dan Operator Desa, I Komang Sudi Kariana. Semoga dengan adanya sosialisi ini dapat meningkatkan dan memperluas Pengetahuan serta Pemahaman Para Remaja tentang seputar Perencanaan Persiapan Perkawinan, Kesehatan Reproduksi, serta Keuangan Keluarga. Sehingga dapat menekan angka pernikahan dini, perceraian, dan Stunting ( Balita Gagal Tumbuh Kembang Karena  Kurang Asupan Gizi Secara Permanen ) di keluarga.

Komentar atas Modal Cinta Dan Saling Suka Tidak Cukup Untuk Melangsungkan Pernikahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar