Kecil-Kecil Cabai Rawit

I Komang Sudi Kariana 28 Mei 2019 10:39:48 WITA

'kecil-kecil cabai rawit’, semboyan tersebut sangat pas di sematkan untuk Perpustakaan Desa Pacung ini. Dengan ukuran 6×7 meter saja Perpustakaan ini dapat menampung 1500 buku dengan 920 judul berbeda untuk semua usia, 5 set komputer, Ruang membaca dan Les, dan juga mampu menampung 50 orang untuk kegiatan belajar mengajar. Untuk Struktur Organisasi Perpustakaan Tersebut adalah, Bapak Made Yasa (Perbekel Pacung) sebagai Penanggung Jawab, Bapak Ketut Roi Kardiasa sebagai Ketua, serta 2 anggota organisasi yang aktif di perpustakaan yaitu I Kadek Diantara di pengolahan serta Ngurah Bagus Widia Kusuma Putra Bertugas di bagian Pelayanan.

Berlokasi di Desa Pacung, Banjar Dinas Anta Sari, Tepatnya di sebelah utara Penirtaan Pura Ponjok Batu Perpustakaan ini suda banyak sekali diketahui keberadaannya oleh masyarakat khususnya di Desa Pacung. Bagaimana tidak, meskipun baru dibuka sejak 2 Januari 2019 sudah ada 130 anggota yang mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di perpustakaan tersebut. Dengan tingkat kedatangan rata-rata 30 orang anak setiap harinya.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah,

  1. Les belajar Bahasa Inggris, setiap hari Senin dan Rabu.
  2. Les belajar Komputer, setiap hari Selasa, Kamis, dan Jumat.

Selain itu Perpustakaan Desa Pacung juga menjalin kerja sama dengan salah satu Yayasan Anak yang berbasis Di Ubud. Yayasan ini telah memiliki anak asuh sebanyak 11 orang di Desa Pacung, masing-masing anak memilik 1 orang tua angkat yang berasal dari berbagai negara (orang luar negeri) yang memberikan mereka berbagai bantuan khususnya untuk sekolah. Selain anak asuh, Yayasan ini juga bekerja sama dalam hal mengadakan kegiatan belajar-mengajar di Desa Pacung. Kegiatan tersebut di antaranya adalah:

  • Belajar Menari.
  • Belajar Melukis.
  • Belajar mengenal alam atau lingkungan sekitar.

Dalam proses mengajar, pihak perpustakaan dan yayasan menunjuk mentor atau pengajar lokal yang berdomisili di pacung dengan tujuan menghemat jarak pengajar dari rumah ke lokasi mengajar. Ibu Luh Nina ditunjuk untuk mengajar menari yang bertempat di Balai Banjar Pule, Bapak GedePurnawan sebagai pengajar melukis  yang bertempat di Galeri Banjar Dinas Anta Sari, dan untuk Les Bahasa inggris pengajarnya ialah Kadek Pasek yang berlokasi di Perpustakaan, Selain itu ada pula Kadek Diantara yang bertugas untuk mengajar anak-anak dalam hal pengetahuan Dasar Komputer serta Pengoperasian Komputer khususnya untuk Microsoft word dan Excel di Perpustakaan.

Komentar atas Kecil-Kecil Cabai Rawit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar