Penyaluran PMT Lokal Bantu Percepatan Penurunan Stunting Di Desa

I KOMANG SUDI KARIANA 12 Agustus 2024 11:32:44 WITA

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting bahwa ibu hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK) yang mendapatkan tambahan asupan gizi dan anak berusia dibawah lima tahun (balita) gizi kurang yang mendapat tambahan asupan gizi merupakan indikator esensial intervensi spesifik dalam percepatan penurunan stunting. Indikator tersebut menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dengan memperoleh dukungan dari Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemangku Kepentingan.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal adalah makanan tambahan pangan    lokal yang diberikan untuk memperbaiki status gizi balita dan ibu hamil. Kegiatan PMT tersebut disertai dengan edukasi gizi dan kesehatan untuk perubahan perilaku misalnya dengan dukungan pemberian ASI, edukasi dan konseling pemberian makan, higiene sanitasi untuk ibu, pengasuh dan keluarga. Kegiatan PMT berbahan pangan lokal diharapkan dapat mendorong kemandirian keluarga dalam penyediaan pangan bergizi dengan memanfaatkan potensi pangan lokal secara berkelanjutan.

Ketentuan Penyelenggaraan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbahan Pangan Lokal untuk Balita dan Ibu Hamil di Kabupaten Buleleng khususnya Desa Pacung mengacu pada Petunjuk Teknis Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbahan Pangan Lokal untuk Balita dan Ibu Hamil Tahun 2024 Kemenkes RI dan Surat Edaran Dinas Kesehatan Nomor 4061 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbahan Pangan Lokal untuk Balita dan Ibu Hamil di Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran 2024. PMT diberikan setiap hari selama 90 hari makan.

TUJUAN :

meningkatkan status gizi balita dan ibu hamil melalui pemberian makanan tambahan berbasis pangan lokal sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

SASARAN :

  1. Ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK)
  2. Balita berat badan kurang
  3. Balita gizi kurang

Adapun yang melaksanakan pengolahan PMT sekaligus mendistribusikan PMT ke sasaran adalah Kader Posyandu yang sudah mendapatkan pelatihan.

Kegiatan PMT ini disertai dengan edukasi gizi dan kesehatan untuk perubahan perilaku misalnya dengan dukungan pemberian ASI, edukasi dan konseling pemberian makan, kebersihan serta sanitasi untuk keluarga.

Kegiatan PMT berbahan pangan lokal ini diharapkan dapat mendorong kemandirian pangan dan gizi keluarga secara berkelanjutan serta membentuk kemandirian keluarga dalam menyediakan makanan yang berkualitas bagi Ibu Hamil dan Balita. 

Pembiayaan untuk pelaksanaan kegiatan PMT berbahan pangan lokal ini dari Dana Bantuan Operasional Kesehatan ( BOK ) Puskesmas II Tejakula tahun Anggaran 2024.

 

Komentar atas Penyaluran PMT Lokal Bantu Percepatan Penurunan Stunting Di Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

AYOO KIBARKAN SANG SAKA MERAH PUTIH

Lokasi Pacung

tampilkan dalam peta lebih besar